Wednesday, January 2, 2013

ASAL KATA KALIMANTAN


ASAL KATA KALIMANTAN



Kalimantan (toponim: Kalamantan[1]/Calémantan[2][3]/Kalémantan[4]Kelamantan/Kilamantan/Klamantan/Klémantan/K'lemantan/Quallamontan[5]) adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.
Pada zaman dahulu, Borneo -- yang berasal dari nama kesultanan Brunei -- adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan, sedangkan Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan timur pulau ini yang sekarang termasuk wilayah Indonesia.[6][7] Wilayah utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Sementara untuk Indonesia wilayah Kalimantan Utara, adalah provinsi Kalimantan Utara.
Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Asal Mula Nama Kalimantan



Nama Kalimantan berasal dari nama pohon asam " KALIMANTANT " / Bahasa Dayak Kanayatn- karena nama buah ini merupakan buah yang tidak bisa ditemukan di wilayah lain.

Kalimantan name derived from the name of the tamarind tree "KALIMANTANT" / Kanayatn Dayak language-as the name of this fruit is a fruit that can not be found in other regions.

Kalimantan naam is afgeleid van de naam van de tamarinde boom "KALIMANTANT" / Kanayatn Dayak taal-als de naam van deze vrucht is een vrucht die niet kan worden gevonden in andere regio's.
加里曼丹来自罗望子树的名称KALIMANTANT”/ Kanayatn达雅语言这种水果是一种水果的名称不能在其他地区



=========================================
Informasi bibliografi

QR code for Sejarah, hukum adat dan adat istiadat Kalimantan - Barat


( Lihat : Lontaan /  http://books.google.co.id/books/about/Sejarah_hukum_adat_dan_adat_istiadat_Kal.html?id=OmT_HAAACAAJ&redir_esc=y )

No comments:

Post a Comment